a
a
a
a
a
a
a
a

s

BAGAIMANA MENDIAGNOSA PEMBESARAN PROSTAT JINAK (PPJ) / BENIGN PROSTATIC HYPERPLASIA (BPH)?

Pemeriksaan yang dilakukan adalah bervariasi untuk setiap pasien, berikut ini adalah pemeriksaan yang umumnya dilakukan oleh Dokter :

---------------------------------------------------------------------------------------------


 

DRE (Digital Rectal Examination)/ pemeriksaan colok dubur

Ini merupakan pemeriksaan awal yang dilakukan oleh dokter apabila dicurigai anda menderita BPH. Dokter akan meraba prostat anda melalui anus dgn sarung tangan.


Pemeriksaan PSA (Prostate Specific Antigen) serum

Untuk menyingkirkan dugaan menderita kanker prostat maka pemeriksaan laboratorium ini dilakukan. PSA merupakan suatu protein yang diproduksi oleh sel prostat dan seringkali pada kanker prostat levelnya meningkat.
 
 
 
  Rectal Ultrasound

Jika ada kecenderungan ke arah keganasan/ kanker prostat maka pemeriksaan dengan ultrasound ini dianjurkan. Prosedur pemeriksaan ini adalah dengan memasukkan probe ke rectum dengan mengarahkan gelombang suara ke prostat. Echo dari gelombang suara ini akan menampilkan gambaran dari kelenjar prostat pada layar pemeriksaan dan digunakan untuk mengukur volume prostat & biopsi prostat.
 

Urine Flow Study

Kadangkala pemeriksaan ini juga dianjurkan oleh dokter anda dengan menggunakan alat khusus untuk menilai seberapa baik pancaran urine anda. Pengurangan pancaran urine sering kali merupakan tanda BPH.
 
Intranenous Pyelogram (IVP)

IVP adalah pemeriksaan sinar rontgen pada saluran kemih. Pada tes ini, kontras disuntikkan melalui vena dan kemudian difoto menggunakan sinar x. Kontras tersebut berguna agar urine menjadi terlihat pada sinar x dan bila ada halangan atau hambatan pada saluran kemih maka akan terdeteksi. Namun pemeriksaan mulai jarang dilakukan, karena sudah dapat diganti dengan pemeriksaan lainnya.
 
 
  Cystoscopy

Pada pemeriksaan ini dokter akan memasukkan semacam alat endoskop melalui uretra yang ada pada penis. Pemeriksaaan memungkinkan dokter untuk mengetahui lokasi dan derajat dari obstruksi yang ditimbulkan oleh prostat ini. Umumnya pemeriksaan ini dilakukan berbarengan dengan tindakan operasi TUR-P (Transurethral Resection of the prostate).
 

Pemeriksaan di atas diperlukan untuk menyingkirkan adanya kondisi patologi lain dan diagnosis banding dari pembesaran prostat jinak, seperti :
  • Karsinoma (kanker) buli-buli
  • Kanker prostat
  • Kelemahan detrusor
  • Batu kandung kemih
  • Striktur urethra (penyempitan urethra)
  • Kontraktur leher kandung kemih
© Copyright 2008 - design and [email protected]faberhost.com